Kamis, 26 Januari 2012

belajar menghilangkan rasa kebencian

,
Dalam kehidupan pastilah ada permasalah baik dalam diri sendiri,keluarga,teman ataupun orang2 disekeliling kita,tak terasa sudah 10 tahun lamanya kebencian ku terhadap***** berlangsung lama sekali walaupun secara agama dilarang keras untuk membencinya entah kenapa walaupun sudah berusaha sekuat kemampuan yang bisa aku lakukan agar dapat menghilangkan rasa kebencian itu yang tertanam sejak lama sekali semakin di sembunyikan semakin besar kebencian itu muncul,walaupun selama berdekatan dengannya muncul rasa kasian dan berdosa kenapa sampai saat ini belum bisa melupakan kebencian itu karna ulahnya semasa lampau,klo suruh memilih jalan hidup saya lebih memilih untuk hilang ingatan agar dapat kembli menempuh
hidup yang baru seperti manusia normal yang hidup penuh dengan perdamaian tanpa selalu dibayangi rasa dendam itu sendiri,dalam sholat dan doa yang berlangsung lama agar dapat merubah kebencian itu menjadi rasa sayang dan cinta seutuhnya seperti layaknya orang hidup,taulah apa yang harus dilakukan lagi semua usaha telah saya coba,mungkin nambah waktu lagi kali,kejadian itu membuat hidup berasa seprti di lautan lumpur yg sulit untuk diterjal,jujur kalau sudah benci sama seseorang sulit untuk dipulihkan kembali ...Suatu waktu perasaan dendam dan benci menyelimuti diri kita. Kemana-mana merasa sakit. Kemana-mana kepikiraaan terus. Kebayang tampang orang yang telah menyakiti kita. Duh gan..rasanya gimanaaa gitu. Dendam, kecewa, sakit hati, ingin mencabik, ingin membunuh, setiap waktu setiap detik yang terpikirkan adalah dia yang jadi musuh kita. Only think about him/her every second of our life. *pake bahasa inggris biar maduk, hoho.
Kebencian yang ada selalu dan se-la-lu membayangi setiap langkah kita. Kebencian yang tertanam sejak dulu. Sampai sekarang masih kebayang-bayang dia yang pernah membuat hati terluka.
Mungkin suatu ketika ada kejadian yang membuat sakit hati sehingga kita merasa dendam kepada seseorang. Namun tidak pernah terbalas sampai sekarang. *wah, ini mah mau balas dendam ^^’
“Bagaimana caranya untuk menghilangkan rasa kebencian ini?”. Wright (2005) dalam bukunya ‘Terapi Memori’ menjelaskan tips kecil bagaimana caranya untuk menghilangkan kebencian. Diantaranya adalah:
  1. Tuliskan segala kebencian yang dirasakan beserta orangnya. Curahkan segala perasaan yang ada. Dendam, benci, all alias seluruhnya. Tanpa malu akan diketahui oleh orang lain. Karena sekarang yang ada adalah diri kita dan perasaan kita sendiri. Tanpa takut akan dimarahi.
  2. Tenang sebentar dari segala perasaan yang timbul. Ketika menulis, segala perasaan yang dulu ada akan timbul. Emosi yang terbenam akan kembali teringat. Nikmati perasaan yang timbul itu. Tenangkan diri jika kemudian emosi dan marah melanda.
  3. Ambil sebuah ruangan yang sepi dan bayangkan orang yang dibenci ada didepan muka kita. Ucapkan ungkapan-ungkapan yang telah ditulis kepada bayangan yang ada dihadapan kita. Bila perlu, teriak sekalian.
  4. Bayangkan orang lain menerima segala keluhan kita. Dia mendengarkan dengan baik segala ucapan dan makian kita padanya. Lepaskan beban itu. Lepaskan… Sampai diri ini menangis.
    Biarkan segala perasaan yang ada terungkap semuanya. Emosi yang dulu terpendam terkeluarkan. Beban berat yang ada bisa dimuntahkan. Terus dan terus. Sampai perasaan yang ada tenang, dan tenang.
Rilek…Rileks…Rileks….
Tarik nafas dalam…Tenangkan pikiran…
Namun, sebagai catatan setelah selesai tulisan kebencian ini jangan diberikan kepada orang lain. Biarlah menjadi rahasia kita sebagai pemilik kebencian. Dan kalau bisa dibakar setelah diungkapkan dan perasaan menjadi lega.
Tulisan di atas adalah karangan seorang blogger, aku copy-edit-paste, sesuai dengan usia dan caraku. Hehe. Buat yang aku numpang copy, makasih ya ^^
Aku pernah coba, loh ^^ ada seseorang di hatiku yang benar-benar hilang rasa simpatikku padanya, namun, pada akhirnya aku sadar. Aku tidak boleh begini terus, harus kuhilangkan rasa tidak simpatik ini. *aku agak gimana gitu kalau bilang benci, hoho. Akhirnya aku coba cara ini, habis ga tahu lagi mau gimana. Asli, bro, ketidaksimpatian tu cuma bakal menyiksa kita.
Lalu kemudian aku mengerti. Kenapa sih kita musti susah sendiri saat membenci? Ya, karena membenci itu ibarat membawa labu dalam kantong kresek bolong-bolong ke mana-mana. Belum lama akan membusuk dan berat. Bila tercium bau busuknya oleh orang lain (orang lain tahu kita sedang membenci), maka tanggapan orang bakal ga baik tentang kita.
Jadi sebenarnya, membenci itu selain membuat yang dibenci sedih (kalau sedih sih, hoho), hanya menyusahkan diri sendiri. Dan ingatlah kawan, agama Allah sama sekali tidak menyarankan kebencian. Allah aja mau mengampuni hamba-Nya, masa manusia yang cuma seutil kagak nahan banget benci orang? Ya gak, bud?

0 komentar to “belajar menghilangkan rasa kebencian”

Posting Komentar