Kamis, 19 Januari 2012

belajar merawat motor dengan baik

,

Cara Merawat Motor Dengan Baik


Cara Merawat Motor Dengan Baik - Pada postingan kali ini admin lacapila akan membeberkan cara merawat motor dengan baik. mengingat bahwa motor merupakan kendaraan utama yang wajib untuk dirawat. Kendaraan tidak hanya untuk di bersihkan tetapi juga untuk di rawat bagian dalamnya. Mau tau lebih detailnya cara merawat motor silahkana lihat tips-tips cara merawat motor di bawah ini.

Cara Merawat Motor Dengan Baik

Kalau motor sudah mulai rewel, paling nyebelin! apalagi bagi yang mau mudik naik motor. Jangan buru-buru menyalahkan motor Anda, bisa jadi Andalah yang kurang merawat motor. So tak ada salahnya mengintip tips merawat motor berikut!

Cek Kondisi Oli
Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as atau stang klep. Jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara berkala dan gunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Cek Kondisi Aki
Jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.

Jangan biarkan baterai atau accu yang sudah mulai melemah, segeralah menggantinya, bukan hal baik jika anda tetap memaksa menggunakannya. Jika tetap dipaksakan kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih) yang akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.

Jika memang motor anda mengalami hal tersebut, arus listrik yang dihantarkan baterai atau accu tidak sempurna akan menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan memaksa mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya sebab hanya akan merusak gigi transmisi.

Periksa Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?

Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepat ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Perhatikan Selang Bensin
Selang bensin ke karburator juga merupakanm komponen yang layak diperhatikan. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin paling lama 2 Menit
Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu Anda pasti tak mau buang-buang bensin khan?.

Periksa tekanan angin ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan Selalu Sparepart Asli
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.

---------------


Cara Merawat Motor 2


Berikut ini tips perawatan motor harian :
rajin mencuci motor untuk melindungi terjadinya karat yang tidak diinginkan
lumasi rantai roda dengan oli khusus rantai (chain lube) apabila terlihat sudah kering
ganti oli mesin setiap 2000 km atau 2 bulan sekali
jangan terlalu sering memparkir motor langsung dibawah sinar matahari, karena menyebabkan body-body kendor dan mudah pecah
gunakan selalu Honda Genuine parts
hemat dalam menggunakan battery/accu
gunakan selalu bahan bakar/bensin yang non timbal (asli premium)

---------------------------

Cara Merawat Motor 3 ( Matic )


Nih ada tips  tentang bagaimana cara merawat motor matik secara singkat dan mudah.
1. Ganti oli mesin dan oli transmisi motor secara berkala, untuk oli mesin gantilah setiap 1000Km sekali sedangkan untuk oli transmisi maksimal ganti setiap 5000Km sekali.

2. Selalu cek kondisi busi dan aki secara teratur. Karena bagi motor matik yang merupakan motor full DC peran busi dan aki sangatlah penting baik itu untuk tenaga dan kenyamanan dalam berkendara, tidak lupa selalu gunakan busi orisinil dari setiap pabrikan motor matic  setiap melakukan pergantian busi.

3. Lakukan pembersihan terhadap ruang transmisi secara berkala setiap 4000Km sekali. Pasalnya pada ruang transmisi tersebut terdapat banyak komponen transmisi automatic atau CVT yang sangat rentan apabila kemasukan kotoran seperti debu atau oli. Kurang terjaganya kebersihan pada komponen CVT biasanya ditandai dengan bunyi-bunyi kasar yang terdengar dari dalam motor.

4. Vent belt dan roller juga perlu diperhatikan kondisinya, segera ganti dengan yang baru bilamana kondisi vent belt dan roller tersebut sudah tidak layak lagi. Agar venbelt dan roller lebih awet, jangan mengganti velg motor dengan velg yang ukurannya lebih besar dan tebal. Velg yang berukuran lebih besar dan tebal juga berpotensi membuat motor jadi lebih boros.

5. Beberapa motor matik keluaran Honda seperti Beat dan Scoopy menggunakan single shockbreaker. Maka dari itu ganti oli shockbreaker maksimal setiap 10.000Km sekali agar kamu tetap nyaman ketika berkendara.

------------

Cara Merawat Motor 4

  • Lakukan servis umum rutin 2 bulan sekali, cek karburator, cek busi, buka filter udara dan cek rantai.
  • Perhatikan V.Belt (letaknya disamping roda) diganti tiap 25.000 km dan diservis tiap 10.000 km.
  • Oli mesin sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin. Ganti oli tiap 2.000 km, jangan menanti minyak pelumas berwarna kehitam-hitaman karena mempengaruhi kelenturan daya tarik mesin.
  • Servis karburator tiap 3 bulan sekali.
  • Tiap 15.000 km klep wajib dibersihkan agar mesin dalam kondisi bagus dan motor tidak ngadat atau mogok, biasanya kotoran sering mengganjal di klep.
  • Sebaiknya servis motor di bengkel resmi yamaha, jika ada kerusakan lebih mudah ditangani.
  • Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, hidupkan mesin dengan menarik cuk dan gunakan starter kaki. Biarkan mesin hidup sekitar 5 menit supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Kemudian kembalikan letak cuk dan motor siap digunakan.
  • Periksa tekanan angin ban, jangan terlalu keras dan juga jangan kurang angin.
  • Gunakan selalu spare part asli. Lebih baik mahal sedikit tetapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli meski murah tetapi tidak tahan lama.

0 komentar to “belajar merawat motor dengan baik”

Posting Komentar