Rabu, 10 Agustus 2011

Tata Cara Memandikan Bayi yang Baik dan Benar

,
bayi mungilBerikut ini adalah tata cara memandikan bayi yang baik dan benar agar bisa terhindar dari berbagai hal yang bisa membahayakan buah hati anda.
Waktu mandi dapat menjadi waktu yang menyenangkan bagi Anda dan si kecil, asalkan Anda selalu berhati-hati. Mulailah sedini mungkin memperkenalkan dasar-dasar keamanan dalam air pada si kecil, dan ingatlah kiat mandi dengan aman ini sebelum Anda menceburkan diri.

• Aturan pertama sekaligus paling penting: Jangan sekali-kali tinggalkan bayi Anda tanpa diawasi meski hanya satu menit. Jika ada tamu atau telepon yang harus Anda jawab, selimuti dia dengan handuk dan gendong bersama Anda.
• Jangan pernah masukkan bayi ke dalam bak jika air masih mengalir (suhu air dapat berubah atau air di bak dapat terlalu tinggi).
• Pastikan keamanan bak: Bak mandi sangat licin, pastikan ada keset mandi dari karet agar Anda dapat duduk sempurna. Tak wajib memakai pelindung cipratan berbantal, tetapi jika Anda, bagus untuk melindungi kepala agar tidak terantuk bak. Selain itu, pastikan bila kamar mandi Anda berpintu geser, pastikan pintu terbuat dari kaca yang aman.
• Gunakan air hangat dengan suhu nyaman (36 hingga 38 derajat Celcius). Bayi dan batita umumnya menyukai air mandi lebih sejuk dibandingkan yang mungkin Anda sukai.
• Isi bak mandi dengan air setinggi lima hingga tujuh setengah cm untuk bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan, dan jangan lebih tinggi dari pinggang (dalam posisi duduk) untuk bayi di atas 6 bulan.
• Untuk si kecil yang sudah dapat duduk, lingkaran mandi yang dilekatkan ke dasar bak dapat memberi Anda tambahan “bantuan”. Tapi jangan terlena – Anda tetap harus memperhatikan si kecil setiap saat.
• Ajari si kecil untuk selalu duduk (tidak berdiri) di bak mandi.
• Sabun, sampo dan busa mandi dapat membuat kulit si kecil kering dan menimbulkan ruam, jadi gunakan secukupnya. Bahan-bahan ini juga dapat menimbulkan iritasi saluran kemih, yang dapat meningkatkan infeksi kandung kemih. Agar si kecil tidak duduk berendam terlalu lama dalam air bersabun yang dapat menimbulkan iritasi, jika ingin bermain-main, lakukanlah di awal mandi dan gunakan sabun dan sampo di akhir.
• Setel pemanas air Anda pada 49 derajat Celcius. Dengan suhu lebih tinggi, hanya dalam waktu tiga detik si kecil dapat menderita luka bakar serius.
• Jangan biarkan si kecil memegang keran. Meskipun ia belum dapat menggerakkannya sekarang, suatu saat ia akan cukup kuat untuk melakukannya – dan hal itu dapat menyebabkan cedera yang serius.
sumber: babycenter

0 komentar to “Tata Cara Memandikan Bayi yang Baik dan Benar”

Posting Komentar