Sabtu, 13 Agustus 2011

Cara membuka casing hp dan ganti lcd sendiri

,

Cara membuka casing hp dan ganti lcd sendiri

Nokia N95 8GB Ingatlah sobat nasehat nenek (entah neneknya siapa ….xixixi) “jangan mudah me-lem biru hp yang sudah tidak berfungsi”. Maksudnya “melempar yang rusak kemudian beli yang baru” karena ada
kemungkinan hp tersebut masih bisa buat memanggil dan menerima panggilan walaupun layar atau lcd gelap atau bahkan sudah pecah. Artinya hp ini berfungsi tapi lcd rusak. Nah ini dia, bagaimana caranya mengganti lcd sendiri tanpa perlu membawa ke dokter hp ? Itu mudah asalkan sobat tahu cara membuka casing hp yang rusak tadi lalu carilah lcd yang sesuai dengan type hp tersebut kemudian pasang dan selesai deh.

Yang dibutuhkan adalah sedikit keberanian dan ketrampilan. Persiapkan alat pembuka casing hp seperti : obeng T6/T5, obeng philips 1 set, pinset, tools pengungkit dari bahan plastik dan cawan / wadah. Alat-alat ini bisa di dapatkan di toko spare parts hp.
Alat pembuka casing hp
Untuk panduan cara buka casing hp type lama bisa sobat dapatkan di sunter57com, sedangkan untuk panduan membuka casing hp type baru bisa dilihat di area disassembly. Berikut ini salah satu contoh bagaimana cara membuka casing hp Nokia N95 8GB untuk mengganti lcd yang rusak :
1. Pertama lepaskan penutup baterai, baterai dan kartu memori. Gerakkan slider ke bawah dan lepaskan dua baut yang terlihat.
n958gb1
2. Sekarang gerakkan slider ke atas dan lepaskan dua baut di bagian atas hp.
n958gb2
3. Jalankan kuku tangan atau tools pengungkit plastik pada sisi casing atas untuk membuka
klip penguncinya.
n958gb3
4. Sekarang casing atas sudah terlepas. Tombol keypad juga terlepas dengan baik.
n958gb4
5. Ungkit papan keypad untuk melihat konektor flexible yang menghubungkan lcd dengan hp.
n958gb5
6. Terlihat lcd yang melekat pada papan sirkuit yang tersambung oleh flexible (di bawah ini ditunjukkan oleh obeng) seperti bentuk plug dan socket. Sekarang cukup angkat dengan hati-hati konektor hingga terlepas dari soketnya.
n958gb6
7. Angkat lcd dari papan pcb hp. Handphone akan terlihat seperti di bawah ini dan sobat bisa mengganti LCD.
n958gb7
Bagaimana sobat ? berani coba membuka casing dan ganti lcd hp sendiri.
sumber dari http://plentiswae.wordpress.com

0 komentar to “Cara membuka casing hp dan ganti lcd sendiri”

Posting Komentar