Sabtu, 13 Agustus 2011

Setting Volume Mp3

,

Setting Volume Mp3

Mp3 merupakan format lagu yang populer dan sering sobat gunakan. Mudah dicari dan disimpan di media portable seperti handphone dan MP3/MP4 player. Tapi kadangkala diantara sobat
pernah mendapatkan volume lagu mp3 yang terdengar tidak normal. Kadang terlalu keras atau terlalu pelan. Yang saya maksud bukan setting volume dari media player yang bermasalah tapi ini masalah pada volume dari lagu mp3 itu sendiri. Banyak software yang bisa digunakan untuk menormalkan volume mp3 diantara yang akan saya jelaskan adalah Mp3 Gain. Software Mp3 Gain bisa didapatkan gratis, search aja di pakde Google. Atau sobat bisa ambil di “donlot wae box” di blog ini. Pemakaiannya bagaimana ? tenang sobat saya akan jelaskan sebentar lagi…


Baiklah sobat, pertama install Mp3 Gain kemudian klik iconnya yang ada di desktop, kalo gak ada di desktop, coba cari lewat menu START, kalo gak ada juga ya mungkin installannya perlu di ulang atau kompi sobat ber-virus.

Oke selanjutnya klik Add File dan pilih lagu mp3 yang mau di eksekusi dan klik open.

Klik track analysis.

Dan lihat pada kolom volume disitu tertera nilai volume dari masing-masing lagu. Lihat juga kotak diatasnya bahwa default atau nilai normal volume adalah 89,0 dB.

Untuk merubah setting volume pada lagu maka sobat pilih salah satu atau beberapa lagu dengan diblok lalu klik kanan pada mouse lalu pilih “apply constant gain” kemudian geser ke kiri ( untuk mengecilkan ) atau ke kanan ( untuk membesarkan ) setelah memilih klik “OK”. Kalo menurut pengalaman saya biasanya volume yang enak di dengar telinga itu ukuran “track gainnya” antara -7,5 sampai -10,5. Nilai ini untuk setting volume level sedang pada media player. Jika nilai “track gain” di luar batas itu maka lagu Mp3 yang di dengar kecil atau menjadi pecah suaranya. Tapi ini bukan patokan baku, jadi sesuai selera dari sobat masing-masing. Demikianlah uraian saya, jika ada tambahan atau kekurangan silahkan beri tanggapannya, sobat.

0 komentar to “Setting Volume Mp3”

Posting Komentar