Senin, 27 Februari 2012

5 Cara dan Tips Membuat Surat Lamaran yang Baik

,
5 Cara dan Tips Membuat Surat Lamaran yang Baik | Surat lamaran adalah pintu utama masuk sebuah perusahaan tertarik pada kemampuan kita. Banyak surat lamaran dari para calon karyawan yang sama sekali tidak di tanggapi oleh perusahaan karena saking banyak yang masuk. Bagaimana membuat surat lamaran yang baik dan menarik bagi perusahaan supaya kita dipanggil untuk tes dan wawancara kerja? Berikut 5 cara dan tips membuat surat lamaran yang baik supaya kita diperhatikan oleh
perusahaan yang menjadi target lamaran kita

Saking banyaknya surat lamaran yang masuk, sebagian perusahaan tidak membaca surat lamaran yang Anda buat, kecuali ada sesuatu yang menarik. Maka dari itu, saat melamar suatu pekerjaan, penting sekali membuat sebuah surat lamaran yang menarik untuk dibaca.

Seperti dikutip dari laman Aol Jobs, berikut 5 hal yang penting Anda cantumkan dalam surat lamaran, sehingga menarik perusahaan untuk membacanya.

1. Tuliskan nama
Alangkah baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu nama pemegang wewenang di kantor yang Anda lamar. Saat menyebutkan nama orang yang dituju, itu membuat surat lamaran Anda lebih istimewa dibandingkan sekadar menulis 'Kepada Bapak/Ibu'.

2. Sebutkan posisi
Pastikan Anda menyebutkan posisi yang akan dilamar. Hal itu akan memudahkan perusahaan untuk mengetahui kebutuhan mereka. Jika posisi yang Anda lamar sedang dibutuhkan oleh perusahaan, maka mereka akan mendahulukan untuk membaca surat lamaran Anda.

3. Sesuaikan kemampuan dengan kebutuhan
Setiap perusahaan butuh calon tenaga kerja yang berpengalaman ataupun memiliki keterampilan. Jika keterampilan yang Anda miliki sesuai dengan kebutuhan perusahaan, mereka pasti akan mendahulukan Anda. Maka dari itu pastikan Anda menulis keahlian yang sesuai dengan kebutuhan calon perusahaan.

4. Meminta waktu wawancara
Saat meminta kesempatan diwawancara, itu menandakan besarnya minat Anda kepada perusahaan tersebut. Selain itu juga menandakan kepercayaan diri dengan kualifikasi yang Anda miliki.

5. Buat singkat dan sopan
Surat lamaran yang panjang akan membuat perusahaan tidak berminat membacanya. Jadi usahakan surat yang Anda buat singkat dan sopan tanpa melupakan poin di atas.(tempointeraktif.com)

0 komentar to “5 Cara dan Tips Membuat Surat Lamaran yang Baik”

Posting Komentar