Selasa, 21 Februari 2012

belajar Membuat Donat Kentang

,
Anda suka donat dan ingin sekali-sekali membuat donat sendiri di rumah namun sering gagal? Jangan khawatir Anda akan dibagi tips membuat donat agar berhasil dengan baik dan pastinya enak dimakan.

Agar donat yang dikonsumsi juga lebih sehat, maka ada baiknya gunakan kentang saja. Yuk kita lihat apa saja tips sukses membuat donat kentang dibawah ini:

1.Siapkan semua bahan terlebih dahulu tanpa ada yg boleh ketinggalan satupun, meski garam sekalipun.

2. Ingat aturan membuat roti, ragi tidak boleh bertemu garam dan atau mentega. Karena nanti ragi akan mati, dan adonan tidak berkembang. Garam dan mentega masuk setelah adonan setengah kalis.


3. Haluskan kentang sampai benar-benar halus, bila perlu pakai blender, supaya adonan licin.


4. Setelah halus, dinginkan kentang sebelum dibuat donat. Karena bila tidak dingin, ragi bisa langsung mati.

5. Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti langkah demi langkah sesuai resep, hingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat cantik ketika digoreng/merekah.

6. Istirahatkan adonan, 20 hingga 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastik supaya permukaannya tidak kering.

7. Lubangi bagian tengahnya menggunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar.

8. Goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam) Bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat. Tiriskan.

Semoga sukses!

(Berbagai sumber)

0 komentar to “belajar Membuat Donat Kentang”

Posting Komentar