Sabtu, 18 Februari 2012

Bagian-bagian Tubuh yang Paling Cepat Keriput

,
Jakarta - Keriput sering ditakuti oleh perempuan karena pertambahan usia. Tak hanya di wajah, ternyata ada beberapa bagian tubuh yang juga mengalami keriput. Bagian apa saja?
Berkurangnya kolagen (protein yang membentuk jaringan ikat) dan elastin karena usia dapat menyebabkan kulit bermasalah, seperti lebih mudah keriput dan kusam. Karena pengaruh ini, ada beberapa bagian tubuh yang paling mudah terpengaruh.
Berikut 5 bagian tubuh yang paling mudah berkeriput, seperti dilansir medicinenet, Rabu (1/2/2012):
 1. Mata

Mata merupakan salah satu bagian yang paling mudah berkeriput. Biasanya keriput yang terjadi di sekitar mata adalah garis-garis halus di sebelah mata (Crow’s Feet) dan bagian bawah mata. Keriput mudah terjadi karena area kulit di sekitar mata lebih lemah serta terjadinya penipisan kulit yang disebabkan oleh hilangkan kolagen.

2. Bibir
Berkurangnya elastin serta cuaca yang kering dan dingin dapat membuat bibir menjadi kering dan keriput. Hal ini biasanya akan membuat orang tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Untuk itu, sebaiknya gunakan krim yang dapat memproduksi elastin dan gunakan pelembab saat udara sedang kering.

3. Wajah
Semakin berkurangnya kolagen dan elastin juga paling mudah tampak pada kulit bagian wajah, ditandai dengan penurunan kulit pipi dan dahi. Untuk menunda keriput, Anda bisa menggunakan krim anti kerut yang mengandung anti-oksidan untuk mendorong regenerasi sel dan pelembab untuk meningkatkan hidrasi kulit.

4. Telapak tangan dan kaki
Telapak tangan dan kaki yang basah lama akan berkerut pada lapisan epidermis. Epidermis berisi protein keratin yang berfungsi memperkuat dan membantu kulit tetap lembab, sel keratin yang mati ini akan membentuk lapisan tersendiri di epidermis yang dikenal dengan stratum corneum.

Sel-sel keratin mati akan menyerap air dengan mudah dan mulai membengkak setelah berendam lama di dalam air, tapi tidak pada sel-sel keratin yang hidup. Hal ini membuat ada bagian tubuh yang membengkak, sedangkan bagian lainnya tidak sehingga terlihat keriput.

5. Leher
Kulit pada leher merupakan bagian tubuh di mana kulit menjadi sangat tipis dan karena ini keriput dan garis halus mudah terjadi. Bila ingin menguranginya, carilah krim anti keriput yang mengandung vitamin E, kolagen atau minyak zaitun.

0 komentar to “Bagian-bagian Tubuh yang Paling Cepat Keriput”

Posting Komentar