Kamis, 07 Juli 2011

7 Macam Rempah Yang Baik Untuk Kesehatan Perut Anda

,
Apakah Anda salah satu orang yang sering bermasalah dengan perut dan ketika masalah perut kambuh lagi menyerang perut Anda, lalu Anda meminum obat dari farmasi yang banyak mengandung kimia, dan kini ternyata ada sebagian obat tradisional untuk kesehatan perut Anda. Dan berikut.
inilah 7 Macam Rempah Yang Baik Untuk Kesehatan Perut Anda.

1. Jahe (Zingiber officinale)
 adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat yang baik untuk pencernaan. Karena dapat memberi efek rasa panas dalam perut, maka jahe juga digunakan sebagai bahan minuman seperti bandrek, sekoteng dan sirup.
Zingiber officinale, mempunyai sebutan sendiri – sendiri di setiap Daerah di Indonesia, seperti halia (Aceh), bahing (Batak karo), sipadeh atau sipodeh (Sumatera Barat), Jahi (Lampung), jae (Jawa), Jahe (sunda), jhai (Madura), pese (Bugis) lali (Irian).ini saya tunjukan bila tak mengenal tanaman jahe ini 



Khasiat Jahe
Sejak dulu Jahe dipergunakan sebagai obat, atau bumbu dapur dan aneka keperluan lainnya. Jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan, baik untuk membangkitkan nafsu makan dan pencernaan.
Jahe yang digunakan sebagai bumbu masak terutama berkhasiat untuk menambah nafsu makan, memperkuat lambung, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak asiri yang dikeluarkan rimpang jahe.
Minyak jahe berisi gingerol yang berbau harum khas jahe, berkhasiat mencegah dan mengobati mual dan muntah. Juga rasanya yang tajam merangsang nafsu makan, memperkuat otot usus, membantu mengeluarkan gas usus serta membantu fungsi jantung. Dalam pengobatan tradisional Asia, jahe dipakai untuk mengobati selesma, batuk, diare dan penyakit radang sendi tulang seperti artritis. Jahe juga dipakai untuk meningkatkan pembersihan tubuh melalui keringat.
Berbagai Manfaat Jahe

Menurunkan tekanan darah, Membantu pencernaan, Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah, Mencegah mual, Membuat lambung menjadi nyaman, Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

 2. Adas (Foeniculum vulgare Miller, suku adas-adasan atau Apiaceae) 
telah lama dikenal sebagai salah satu komponen pengobatan tradisional, karena mengandung anethole yang dapat merangsang sekresi cairan pencernaan dan lambung. Adas juga mengandung asam aspartat, yang bertindak sebagai anti kembung pada perut.
 Adas atau adas pedas (Foeniculum vulgare Miller, suku adas-adasan atau Apiaceae) telah lama dikenal sebagai salah satu komponen pengobatan tradisional. Minyak adas yang diakndung bijinya menjadi salah satu komponen minyak telon.
Adas berasal dari daerah Laut Tengah timur (Italia ke timur hingga Suriah).

Tumbuhannya berbentuk herba yang berbau harum, berwarna hijau terang, tegak, dan dapat mencapai dua meter tingginya. Daun tumbuh sehingga 40 sentimeter panjang, berbentuk pita, dengan segmen terakhir dalam bentuk rambut, kira-kira selebar 0,5mm. Bunga yang dihasilkan di ujung tangkai adalah bunga majemuk yang berdiameter 5 hingga 15cm. Setiap bagian umbel mempunyai 20-50 kuntum bunga kuning yang amat kecil pada pedikel-pedikel yang pendek. Buahnya adalah biji kering dari 4 hingga 9 milimeter panjang, dengan lebar separuh panjangnya, dan mempunyai alur. Bijinya yang dikeringkan dikenali sebagai biji adas.
Daun adas digunakan sebagai makanan oleh larva beberapa spesies Lepidoptera, termasuk rama-rama Mouse Moth (Amphipyra tragopoginis) dan Anise Swallowtail (Papilio zelicaon).

3. Yogurt

Yoghurt atau Susu yang difermentasi menjadi susu yogurt mengandung bakteri “baik” seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus yang dapat memperbaiki keseimbangan flora di saluran cerna.  Banyak sekali manfaat Yogurt  selain untuk menjaga kesehatan, yoghurt ternyata dapat mencegah kanker saluran pencernaan.
Juga diketahu bahwa jika sejak dini si kecil sudah dibiasakan mengkonsumsi yoghurt sehari sekali sebanyak 200 cc, maka keseimbangan saluran cernanya akan terjaga. Hal ini karena kuman-kuman penyebab berbagai penyakit seperti tipus dan muntaber tidak akan bisa tumbuh.
Menurut pendapat beberapa ahli, yoghurt sebagai makanan variasi mulai bisa dikonsumsi bayi selepas ASI eksklusif, yakni sekitar usia 6 bulan. Yogurt khusus bayi mengandung Bifidobacterium sp. Yang menghasilkan asam laktat tipe L (+).
Sedangkan asam laktat tipe D (-) yang mengalami metabolisme lebih lambat tidak cocok bagi bayi. Setelah usia setahun barulah anak dapat mengonsumsi semua jenis yoghurt dan menikmati manfaatnya sebagai sumber protein, kalsium, dan fosfor tinggi.
Seperti yang diuraikan oleh dr. Carmen. M. Siagian, MS, Bagian Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, dan telah banyak dikutip diberbagai tulisan dan media, manfaat yogurt adalah sebagai berikut:

Membantu Penderita Lactose intolerance

Atau bahasa awamnya mungkin alergi susu. Gejalanya adalah jika si kecil selalu diare setiap kali minum susu, maka bisa jadi ia menderita lactoce intolerence. Penyebab dari lactose intolerance ini adalah defisiensi/kekurangan enzim pencerna laktosa. Sehingga setiap kali minum susu, butiran laktosanya akan tertinggal di permukaan lubang usus halus dan menyerap air dari sekitarnya yang kemudian memunculkan diare.
Dalam proses pembuatan yogurt, laktosa susu sudah dipecah oleh bakteri  Lactobacillus bulgaricus melalui proses fermentasi, hingga mudah diserap tubuh. Ini adalah salah satu manfaat yoghurt bagi anak yang tidak mampu mencerna laktosa dengan baik sebagai pengganti susu.
Degradasi Kolesterol
Penelitian pada beberapa orang yang mengonsumsi yoghurt secara teratur dalam jumlah dan waktu tertentu ternyata menunjukkan jumlah kolesterol dalam serum darahnya menurun. Mekanisme penurunan kolesterol ini biasa terjadi karena bakteri asam laktat yang ada dalam yoghurt dapat mendegradasi kolesterol menjadi coprostanol. Coprostanol ini merupakan zat yang tak dapat diserap oleh usus. Berkat yoghurt, coprostanol dan sisa kolesterol dikeluarkan bersama-sama tinja. Dengan kata lain, jumlah kolesterol yang diserap tubuh pun jadi rendah. Sebuah laporan mengenai hal ini memaparkan bahwa penurunan kolesterol oleh bakteri Lactobacillus dapat mencapai kisaran 27-38 persen.
Menghambat patogen
Orang yang teratur mengkonsumsi yogurt mempunyai Flora usus yang sulit ditumbuhi kuman patogen yang dapat menyebabkan penyakit. Sehingga dapat terhindar dari resiko penyakit infeksi atau intoksikasi mikrobia. Dari suatu penelitian dilaporkan bahwa Lactobacillus casei yang digunakan dalam proses membuat yogurt campuran susu skim dan susu kedelai, terbukti mampu membunuh bakteri E. coli. Penyebab diare. Bakteri ini merupakan kuman yang terdapat saluran cerna. Meski dalam jumlah kecil, bakteri ini sebetulnya tidak menimbulkan penyakit, namun bila berlebihan tentu dapat memunculkan dampak tak sehat. Sementara dengan adanya Lactobacillus casei, bakteri E coli tidak bisa hidup karena Lactobacillus casei yang merupakan bakteri “baik” menghasilkan suatu zat yang dapat menghambat racun yang diproduksi E coli.

Menetralisir antibiotik
Mengonsumsi antibiotik secara oral dapat menyebabkan keseimbangan flora alami di saluran percernaan terganggu.  Cara kerja Antibiotik yang tidak pandang bulu membunuh kuman dan flora alami saluran percernaan. Manfaat yogurt dapat menetralisir efek samping antibiotik dengan menyeimbangkan kondisi saluran percernaan dan menumbuhkan kembali flora alaminya.
Mencegah Kanker Saluran Pencernaan
Kanker saluran percernaan banyak terjadi di usus besar. Penyebabnya antara lain terjadinya ketidakseimbangan di saluran percernaan, hingga menghasilkan penumpukan berbagai zat yang seharusnya terbuang. Bakteri-bakteri dalam yoghurt mengubah zat-zat prekarsinogenik (zat-zat pemicu kanker) yang ada dalam saluran pencernaan, hingga mampu menghambat terjadinya kanker
Mencegah jantung koroner
Seperti telah kita ketahui, ke dalam yoghurt sudah dimasukkan bakteri “baik” yang tidak menimbulkan penyakit, yakni Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus. Nah, bakteri itulah yang kemudian diberi media berupa susu. Selama proses fermentasi susu dalam pembuatan yogurt, bakteri Lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus akan tumbuh dan menjadi besar. Saat itulah kedua jenis bakteri tersebut akan meningkatkan mutu proteinyang terkandung dalam asam amino susu. Semisal histidin yang baik bagi pertumbuhan anak. Selain itu, dalam proses fermentasi, kedua jenis bakteri tersebut akan menghasilkan asam folat dan vitamin B kompleks. Berbagai penelitian mengungkap bahwa kedua vitamin ini berguna mencegah munculnya penyakit jantung koroner

4. Klabet

merupakan rempah yang tumbuh di wilayah Mediterania dunia. Biji klabet dan daunnya digunakan sebagai bumbu masakan, juga digunakan untuk mengobati berbagai kesehatan di Mesir, Yunani, Italia, dan Asia Selatan. Karena klabet memiliki kandungan protein, vitamin C, niasin, kalium, dan diosgenin (yang merupakan senyawa yang memiliki sifat-sifat yang mirip dengan estrogen). Konstituen aktif lain di fenugreek adalah alkaloid, lisin dan L-triptofan, serta steroid saponin (diosgenin, yamogenin, tigogenin, dan neotigogenin). Manfaat lainnya dapat membantu pencernaan mengurangi resiko sembelit dan juga mengatasi rasa kembung pada perut anda. Warnanya kuning sedikit oranye, bentuknya kecil dengan tekstur yang sedikit keras. Tapi jangan remehkan karena bentuknya, karena rempah ini punya segudang manfaat. Apa saja sih?

Fenugreek atau lebih di kenal dengan istilah klabet kalau di Indonesia, merupakan salah satu rempah yang cukup langka dengan rasa yang sedikit pedas. Fenugreek ini biasa digunakan jika kita ingin memasak makanan seperti kari. Di negara-negara lain juga dapat ditemukan fenugreek namun dengan istilah yang berbeda.

Seperti Mentya di Kanada, dan Vendayam orang Tamil menamainya. Bijinya yang berbentuk persegi berwarna kuning inilah yang digunakan untuk membuat acar, pasta, ataupun bumbu kari. Dan biasanya dijadikan bumbu tambahan dalam beberapa masakan India.

Tak hanya sebagai bumbu tambahan pada masakan, di India biji fenugreek juga digunakan untuk campuran membuat yoghurt dan juga digunakan untuk membuat kondisioner untuk rambut. Fenugreek juga dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit diabetes dan menjadi salah satu bahan membuat roti di Ethiopia.

Berbeda dengan di India, fenugreek yang sudah direbus dan diberi sedikit tambahan gula digunakan sebagai teh oleh masyarakat Mesir. Minuman ini sangat populer di kedai-kedai kopi saat musim dingin tiba.

Biji fenugreek kaya akan polysaccharide galactomannan. Yang biasnaya digunakan untuk membuat es krim agar tidak cepat meleleh. Di dalam pengobatan tradisional Cina, fenugreek biasa disebut dengan Hu Lu Ba digunakan untuk mengobati penyakit ginjal dan juga hernia dingin.

5. Daun mint (Mentha Cordifolia) 

mempunyai aroma wangi dan cita rasa dingin menyegarkan. Aroma wangi dan semriwing daun mint disebabkan oleh kandungan minyak asiri berupa minyak menthol. Daun ini mengandung vitamin C, provitamin A, fosfor, besi, kalsium dan potasium. Biasanya digunakan untuk pengobatan untuk masalah pencernaan, mulas, dan perut kembung. Manfaat lainnya dapat merangsang nafsu makan dan dapat pula mengobati mual dan sakit kepala.ada lagi hehe di ulang gpp ya Daun mint sering kali di gunakan dalam berbagai jenis produk mulai dari makanan, minuman, rokok ataupun produk kecantikan. Rasa dingin yang di berikan daun mint memberikan efek nyaman buat tubuh. Menurut sebuah study di Wheeling Jesuit University di west virginia menemukan bahwa aroma daun mint bisa menurunkan keinginan untuk makan, jadi cocok banget buat mereka yang ingin ber diet ria. Daun mint mengandung minyak atsiri dan mentol yang memberi sensasi rasa dingin pada daun mint.

Selain sensasi dingin ternyata daun mint memberikan manfaat lain buat kita, berikut di antaranya :

  • Mengatasi Ketombe
Caranya : Lumatkan beberapa daun mint hingga halus, lalu oleskan pada kulit kepala sambil di pijat - pijat. Diamkan selama 20 menit biar mentolnya meresap, kemudian keramas seperti biasa. Kandungan mentol akan membuat kulit kepala terasa segar.
  • Merilekskan Kaki
Saat kaki terasa lelah setelah lelah beraktifitas, daun mint dapat membantu merilekskan kaki untuk mengurangi rasa lelah.
Caranya : Balurkan daun mint yang telah di haluskan ke telapak kaki, tumit dan juga betis, bisa juga menggunakan minyak esensial mint. Efek mentol mampu mengendurkan otot - otot yang pegal.
  • Meredakan Sakit Perut
Caranya : Campurkan daun mint dalam teh, kandungan dalam daun mint mampu membantu meredakan nyeri dalam perut termasuk nyeri datang bulan pada wanita.

6. Teh peppermint 
 teh peppermint :telah digunakan untuk keperluan obat-obatan selama bertahun-tahun. Peppermint terkenal ampuh meredakan sakit perut, dan sering kali digunakan sebagai bahan utama dalam minuman hangat seperti teh. Peppermint juga merupakan obat ideal untuk menghilangkan rasa sakit kepala.
Khasiat peppermint ternyata cukup banyak. Peppermint, tanaman aromatic yang berasal dari Eropa ini 
dikenal sebagai salah satu tanaman obat tertua di dunia. Khasiat daun peppermint antara lain meringankan sakit kepala, melegakan hidung tersumbat dan menurunkan demam. Rebusan daun peppermint sangat tepat untuk disajikan sebagai minuman hangat bersama teh. Selain itu, daunnya juga bisa digunakan sebagai bahan campuran dalam sayur dan masakan lainnya.
Peppermint yang mengandung menthol hingga 90% ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit flu, mengurangi sakit perut dan mengatasi masalah empedu. Wow, banyak juga ya khasiat daun peppermint ini
aneka..

7. Bay Leaf 

bay leaf adalah jenis rempah daun yang biasa digunakan untuk berbagai masakan Eropa. Daun bay ini memiliki khasiat obat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti migrain, depresi, meningkatkan pencernaan dan membantu sistem detoxifythe.
 nah itu dia rempah rempah yang banyak banyak manfaat dan khasiatnya..masih banyak lagi lhoo rempah rempah yang banyak manfaatnya pula..silahkan bertanya jg boleh..terimakasih..

0 komentar to “7 Macam Rempah Yang Baik Untuk Kesehatan Perut Anda”

Posting Komentar